FANDOM

Icon-x.jpg
Artikel ini tentang satria di Satria Garuda Bima-X.
Dimas Akhsara

Dimas aksara.jpg

Dimas Movie.png

TORGA (II)
Kelamin: Lelaki
Seri: Satria Garuda Bima-X
Motif: Harimau
Huruf T
Tipe Satria: Pahlawan
Tempat Tinggal: Bumi
Penampilan Pertama: Perintah Pembunuhan Ricca! (sebagai Master)

Satria Baru Bernama Torga! (sebagai Torga)

Penampilan Terakhir: Pertarungan Terakhir menuju Kedamaian
Jumlah Penampilan
Episode:
33 (Satria Garuda Bima X)
1 (Spesial TV)
1 (Movie)
Daftar penuh penampilan
Aktor: Fernando Surya
TORGA (II)
Torga.jpg
"Satria Harimau, Torga"
―Torga

Dimas Aksara adalah Satria Harimau, Torga. Dia dipanggil oleh Ricca sebagai Master. Torga juga bisa berubah menggunakan Power Stone Oranye.

Sejarah

Dimas terpilih menjadi Torga setahun yang lalu saat kekalahan Rasputin menggunakan Grand Gator karena keberaniannya untuk mengevakuasi para penduduk yang melarikan diri dan berani mengorbankan dirinya untuk melindungi seorang korban yang pingsan dan akan tertindih reruntuhan bangunan besar. Namun, Glitter Bima menyuruh Dimas untuk menjalani latihan khusus selama setahun sehingga dia belum boleh beraksi.

Pertama kali diperkenalkan di episode 17, Dimas sedang berlatih di ruangan rahasia. Berbeda dengan Ray dan Reza yang menggunakan pencak silat, Master terlihat berlatih kuda-kuda harimau.

Dimas beraksi sebagai Torga di episode 21 atas perintah Glitter Bima untuk menolong Ray dan Reza karena tersegel oleh serangan Draconer yang berevolusi karena Phantom Weapon.

Sehari setelah Draconer tewas, Dimas berkunjung ke rumah Randy. Namun tidak lama, dia diusir karena dianggap merendahkan kediaman dia. Belakangan hal ini rupanya adalah kesalahpahaman, karena ia tidak bermaksud menghina kediaman Ray melalui opininya, tapi cara penyampaiannya keliru. Saat itu juga, Ray dan Dimas langsung bertarung dengan pasukan VUDO yang tiba-tiba datang untuk menyerang. Dari pertarungan itu, Ray menyadari bahwa Dimas belum memiliki pengalaman banyak seperti dirinya dan hal itu menjadi masalah dalam beberapa pertarungan pertama mereka(lihat Kepribadian di bawah untuk info lebih lanjut).

Meskipun berhasil menyelamatkan Tsugi dari cengkraman VUDO, kerjasama pertama tersebut masih belum cukup untuk mengasah kekompakan Dimas dan Ray. Hal ini terlihat dari saat melawan Zoik, secara tak sengaja Dimas membekukan kaki Ray dimana kegagalan ini bersifat komedi mengingat Zoik cenderung sangat bodoh dan konyol dibandingkan musuh-musuh mereka yang lain. Bertekad untuk mengasah sepenuhnya kerjasama antara mereka berdua, Dimas nekat ke Dark Limbo, untuk mencari tahu mas lalu Ray meski resikonya adalah terancam terjebak disana untuk selamanya. Berkat itulah, serta bantuan Bima Legend, kerjasamanya dengan Bima akhirnya makin kompak.

Akan tetapi, ia harus menghadapi kenyataan mengerikan dimana, ia memiliki pendahulu yang jahat, yang tak lain dan tak bukan adalah Topeng Besi.

Kepribadian

Dimas adalah pemilik usaha Akhsara yang sangat kaya. Karena kehidupannya yang megah, dia tidak mengetahui cara hidup orang-orang sederhana apalagi teknologinya (seperti dia tidak mengetahui tv menggunakan remote dan dikira rusak karena tidak merespon dengan mode voice command). Namun, dibalik kehidupannya yang nikmat, dia tidak merendahkan orang-orang yang lebih miskin darinya. Seperti yang dia akui kepada Ray bahwa dia sangat menyukai cara hidup mereka bersama dan sepertinya dia kurang menyukai hidup megahnya. Dia pun memegang prinsip untuk selalu menyumbang kepada mereka yang membutuhkan. Selain itu, Dimas memiliki sifat sedikit kekanakan dan juga kelihatannya menyukai anak-anak. Di saat dia sedang tidak banyak mengurusi perusahaannya, dia asyik bermain dengan anak-anak, sifat yang menurut Reza menarik darinya. Dalam bekerja pun, dia sebenarnya cukup malas dan mencari waktu untuk kabur (yang berakhir lucu karena dia selalu tertangkap Ricca).

Sayangnya sebagai Satria, Dimas masih perlu banyak belajar pada awal menunjukkan aksi kerja samanya. Seperti contohnya dia malah menghalangi Ray melancarkan Garuda Flaming Slash karena dikira Ray kesulitan dan malah menghabisi para Kurion terburu-buru. Dia pun memiliki rasa percaya diri yang terlalu tinggi dalam bertempur, sisi yang Ray tidak suka karena bisa membahayakan. Dimas juga cukup sering meremehkan lawan-lawan yang ada dan suka kabur dari pekerjaan yang dia jalani. Namun, sifat ini pun berubah dan mengembangkan jiwa kepahlawanannya, apalagi setelah dia mempelajari sulitnya menjadi satria pada saat terdampar di Dunia Kehancuran Jiwa Satria saat tidak sengaja melihat masa lalu Ray.

Torga

Thunder Mode
10404202 388295671338926 1684407833899316763 n.jpg
"Thunder!"
―Suara Power Stone Orens

Torga memiliki kecepatan dan kekuatan yang melampaui Bima-X. Sebagai Torga, dia ditemani oleh Atlas yang menjadi meriam sebagai bantuan. Jurus andalan pada saat menggunakan Atlas adalah Harimau Roaring Thunder. Jurus andalan tanpa Atlas adalah Harimau Lightning Strike dan Thunder Blast.

Penampilan Awal: Episode 21.

Ice Mode
Torga ice.jpg
"Ice!"
―Suara Power Stone Putih

Wujud yang didapat karena tekad Dimas untuk menggunakan Power Stone Putih yang awalnya dikatakan masih belum bisa dikendalikan. Dalam wujud ini, Torga menciptakan senjata baru bernama Ice Claw. Jurus andalan dengan menggunakan Atlas adalah Ultimate Blizzard

Penampilan Awal: Episode 27.

Arsenal

  • Torga Changer - Alat perubahan Torga
  • Ice Claw - Cakar sabit es Torga Ice Mode
  • Power Stone
    • Oranye
    • Putih
  • Atlas
    • Animal Mode
    • Cannon Mode

Trivia

  • Torga adalah pahlawan baru yang unik yang hanya memiliki hal ini:
    • Dia adalah pahlawan pertama yang bukan Satria Garuda.
    • Pahlawan pertama yang tidak melawan Bima pada saat debut pertamanya.
    • Dia bersenjatakan meriam.
    • Atlas, partnernya, hanya bisa digunakan dalam satu mode saja sebagai senjata, apapun wujud yang diakses Torga.
    • Satria pertama yang menggunakan changer yang ditanam menjadi sabuk. Lebih ironis, cara perubahannya dia mirip anggota Sentai/Ranger dari Kyoryu Sentai Zyuranger/Mighty Morphin Power Rangers.
  • Walaupun elemennya adalah petir, Torga bukan pemilik kekuatan petir pertama, sejak Azazel juga menggunakan petir (hanya, petir milik Azazel adalah petir kegelapan). Hanya saja, Torga hanya satu-satunya pengguna kekuatan murni petir karena dasar elemen Azazel adalah kegelapan dalam berbagai macam wujud.
  • Karakter Torga berbasis dari seri Kamen Rider era Heisei
    • Warna dan traitsnya Thunder Mode berbasis Kamen Rider Beast dan Kamen Rider OOO Ratoratah Combo, kalau yang Ice Mode berbasis Kamen Rider Tiger dan Kamen Rider Rey.
    • Jurus bentuk Thunder Mode, Lightning Strike menyerupai jurus Gush Cross milik Kamen Rider OOO Ratoratah Combo.
    • Torga, layaknya Kamen Rider Tiger, mempunyai motif harimau. Yang lebih ironis adalah elemen, bahkan salah satu warna wujud Ice Modenya dia seperti Tiger.
  • Sangat ironis, berbeda dengan Rey dan Reza, pendahulu satria sebelum Dimas justru merupakan orang jahat dan sebenarnya Topeng Besi.
  • Torga adalah satria pertama yang pernah mengaktifkan Power Spot, walaupun itu karena dijebak Rexor dan Nermean.

Referensi

Also on FANDOM

Random Wiki